PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK BAGI SISWA KELAS V SDI TARAWAJA TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

Authors

  • YUSTINA LEWA Citra Bakti College

DOI:

https://doi.org/10.38048/imedtech.v2i2.174

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penggunaan pendekatan saintifik bagi siswa kelas V SDI Tarawaja Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis Penelitan penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian  yang digunakan adalah model Kemmis  dan Mc Taggart yang pada hakikatnya terdiri dari 3 tahap yaitu, perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi yang mana ke 3 tahap diatas merupakan satu siklus. Metode atau Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes dengan bentuk tes pilihan ganda. Sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I setelah diterapkan dengan pendekatan saintifik  telah menunjukan  bahwa rata-rata  skor hasil belajar  yang dicapai oleh siswa sebesar 69,5% dan berada pada kategori cukup aktif.  Sedangakan pada siklus II, rata-rata skor hasil belajar yang diperoleh peserta didik yaitu 80,5% dan berada pada kategori baik. Sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 11%, hal ini menunjukan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran pendidikan agama katolik di kelas V SDI Tarawaja. Peningkatan ini terjadi karena siswa telah memahami materi, pendekatan yang diterapkan membuat siswa aktif, kreatif dan mengasah pikiran siswa untuk mampu memecahkan tugas yang diberikan guru. Dengan demikian  dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama katolik bagi siswa kelas V SDI Tarawaja tahun pelajaran 2018/2019

Published

2019-01-24

How to Cite

LEWA, Y. (2019). PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK BAGI SISWA KELAS V SDI TARAWAJA TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. IMEDTECH (Instructional Media Design and Technology), 2(2), 11–21. https://doi.org/10.38048/imedtech.v2i2.174